PEMASARAN
PEMASARAN
RIYAN SETIAWAN
26216525
IT - 022234
A. Tujuan penulisan ini untuk memahami para pembaca dalam melakukan
penjelasan materi dan pemahaman suatu materi penjelasan tentang pemasaran agar
lebih spesifik. dan penulisan ini di buat untuk memenuhi mata kuliah
softskill pengantar bisnis. dengan adanya penulisan ini pembaca dapat
memehami dan lebih terampil dalam melakukan pembacaan. metode yang di
gunakan dengan melakukan survei melalui web, dan sumber referensi
terpercaya.
1. PASAR DAN PEMASARAN
1.1 Pengertian Pasar.
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual
untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa.
pengertian pemasaran
Pengertian Pemasaran Menurut Ahli
Para pakar bidang pemasaran telah mengemukakan
pendapatnya mengenai pengertian pemasaran, diataranya adalah sebagai berikut :
Menurut
Kotler (2005), pengertian pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial
di mana masing-masing individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk yang bernilai
bagi pihak lain.
Menurut
Swasta (1996) pengertian pemasaran adalah suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan
pembeli dan penjual. Maksud dari pengertian itu adalah manusia harus menemukan
kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi
kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan.
Menurut
William J. Stanton, (1984:7) pengertian pemasaran: “Pemasaran adalah suatu
sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang memuaskan
keinginan dan jasa baik kepada para konsumen saat ini maupun konsumen
potensial”.
Menurut
Basu dan Hani (2004:4) Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari
kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
1.2
Jenis-jenis Pasar
Jenis Pasar Menurut Bentuk
Kegiatannya
1. Pasar Nyata
1. Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar dimana
barang-barang yang akan diperjualbelikan dapat langsung dibeli oleh pembeli.
Contohnya pasar tradisional dan pasar swalayan.
2. Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana
para pedagang nya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan pembelinya
tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya
saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis Pasar Menurut Cara Transaksi
1. Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang
bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar
menawar secara langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang
yang berupa barang kebutuhan pokok.
2. Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang
bersifat modern dimana barang-barang yang diperjualbelikan dengan harga pas dan
dengan layanan sendiri. Contoh pasar modern yaitu mal, plaza, dan tempat-tempat
modern lainnya.
Jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya
Beberapa pasar ada yang hanya menjual satu jenis barang tertentu contohnya :
- Pasar sayur
- Pasar baju atau sandang
- Pasar buah
- Pasar ikan atau daging
- Pasar hewan
Jenis Pasar Menurut Luas Distribusi
Menurut luas distribusi nya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
- Pasar Lokal
- Pasar Daerah
- Pasar Nasional dan
- Pasar Internasional
1,3 konsep pemasaran
. 1.4 Penjelasan manajemen pemasaran
Kata manajemen sering
di definisikan sebagai sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan controlling (pengawasan) yang dilakukan untuk
mencapai target atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dan definisi
pemasaran yaitu suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat membantu
menciptakan nilai ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa.
Faktor terpenting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran
dan konsumsi. Jadi pemasaran merupakan penghubung antaran kegiatan produksi dan
konsumsi
1.5 Bauran Pemasaran (marketing mix)
a) Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan
kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga
dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan
oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang
dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli
produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah
satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai
sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan
produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten
dan efektif.
c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat
produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting
agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat
dibutuhkan.
d) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh
perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan
konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan
1.6 tujuan sistem pemasaran
1. Memperkenalkan Produk kepada Umum
2. Melakukan Promosi baik dalam bentuk fisik maupun
maya
3. Mendukung Penjualan hingga terjadinya penjualan
4. Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share,
dsb)
5. Analisa terhadap kompetitor (pesaing usaha)
6. Membuat Feed back bagi produksi (tentang
kekurangan dan kelebihan produk yang dibuat dan dipasarkan)
7. sebagai acuan / pertimbangan untuk peningkatan
produksi pada periode selanjutnya
1,7
pendekatan dalam mempelajari pemasaran
Pendekatan Fungsional
Pendekatan fungsional lebih menitikberatkan pada
beberapa kegiatan untuk mendapatkan produk pertanian dari produsen ke konsumen.
Kegiatan-kegiatan tersebut diklasifikasikan menjadi
pertukaran, fisik dan fasilitas.
Fungsi Pertukaran
Mengambil tempat di seluruh jalur pasar dan termasuk
penawaran pembeli untuk pasokan komoditas dan penjual yang menawarkan komoditas
dengan harga terbaik menurut mereka.
Fungsi pembelian juga termasuk mencari pasokan
komoditas dan perakitan mereka untuk pengiriman.
Fungsi penjualan dapat bervariasi, tergantung pada
apa tahap jalur pasar produk tersebut masuk itu melibatkan kemasan, label,
iklan, promosi dan semua kegiatan merchandise lainnya.
Fungsi Fisik
Kegunaan bentuk, yaitu seluruh kegiatan/proses yang
bertujuan untuk merubah suatu komoditas pertanian untuk dapat dimanfaatkan.
Kegunaan waktu, yaitu kegiatan menyimpan suatu
komoditas pertanian diantara pasca panen/produksi dengan pendistribusian.
Kegunaan tempat, yaitu komoditas pertanian yang
memiliki nilai setelah sampai ke tangan konsumen.
Fungsi Fasilitas
Dimana penjual akan memberikan komoditas yang
diinginkan oleh pembeli dan harus ada yang diberikan oleh pembeli kepada
penjual yaitu uang.
Pedagang Perantara
Pedagang pengecer membeli produk untuk dijual
kembali kepada konsumen
KESIMPULAN
pada pembahasan ini penulis dapat
menjelaskan secara rinci bahwa pasar adalah tempat semua orang untuk melakukan
jual beli dan bisa di lakukan suatu tawar menawar. pasar juga mempunyai banyak
macam pasar tradisional dan pasar modern. melainkan dengan pemasaran dapat di
jelaskan secara rinci yaitu suatu proses sosial dan manajerial di mana
masing-masing individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan melalui penciptaan, pemasaran juga sering di lihat di berbagai tempat
contohnya melalui iklan dan juga melalui brosur dan pamflet. pasar dan
pemasaran juga sangat berkesinambungan dan juga sangat penting anata pembeli
dan penjual untuk melakukan suatu transaksi dalam melakukan belanja. dan
melakukan suatu pemasaran yang sangat baik agar memperoleh hasil yang
maksimal.
SUMBER REFERENSI
Komentar
Posting Komentar