PEMASARAN

PEMASARAN 
RIYAN SETIAWAN
26216525
IT - 022234

 A. Tujuan penulisan ini untuk memahami para pembaca dalam melakukan  penjelasan materi dan pemahaman  suatu materi penjelasan tentang pemasaran agar lebih spesifik. dan penulisan ini di buat untuk memenuhi mata kuliah softskill pengantar bisnis. dengan adanya penulisan ini pembaca dapat memehami dan lebih terampil dalam melakukan pembacaan. metode yang di gunakan dengan melakukan survei melalui web, dan sumber referensi terpercaya. 

1.  PASAR DAN PEMASARAN
  
     1.1 Pengertian Pasar.
       Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau     jasa.

  pengertian pemasaran
Pengertian Pemasaran Menurut Ahli

Para pakar bidang pemasaran telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian pemasaran, diataranya adalah sebagai berikut :

    Menurut Kotler (2005), pengertian pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana masing-masing individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk yang bernilai bagi pihak lain.
    Menurut Swasta (1996) pengertian pemasaran adalah suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual. Maksud dari pengertian itu adalah manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan.
    Menurut William J. Stanton, (1984:7) pengertian pemasaran: “Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang memuaskan keinginan dan jasa baik kepada para konsumen saat ini maupun konsumen potensial”.
    Menurut Basu dan Hani (2004:4) Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

      1.2 Jenis-jenis Pasar
Jenis Pasar Menurut Bentuk Kegiatannya

1. Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjualbelikan dapat langsung dibeli oleh pembeli. Contohnya pasar tradisional dan pasar swalayan.

2. Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagang nya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan pembelinya tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.


Jenis Pasar Menurut Cara Transaksi

1. Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.

2. Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang yang diperjualbelikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri. Contoh pasar modern yaitu mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.


Jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya

Beberapa pasar ada yang hanya menjual satu jenis barang tertentu contohnya :
  1. Pasar sayur
  2. Pasar baju atau sandang
  3. Pasar buah
  4. Pasar ikan atau daging
  5. Pasar hewan


Jenis Pasar Menurut Luas Distribusi

Menurut luas distribusi nya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
  1. Pasar Lokal
  2. Pasar Daerah
  3. Pasar Nasional dan
  4. Pasar Internasional  


         1,3 konsep pemasaran

    Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya
.               1.4 Penjelasan manajemen pemasaran

Kata manajemen sering di definisikan sebagai sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan controlling (pengawasan) yang dilakukan untuk mencapai target atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dan definisi pemasaran yaitu suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa. Faktor terpenting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Jadi pemasaran merupakan penghubung antaran kegiatan produksi dan konsumsi
 
      
       1.5 Bauran Pemasaran (marketing mix)

a) Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

b) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.

c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.

d) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan

     1.6 tujuan sistem pemasaran
1. Memperkenalkan Produk kepada Umum
2. Melakukan Promosi baik dalam bentuk fisik maupun maya
3. Mendukung Penjualan hingga terjadinya penjualan
4. Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share, dsb)
5. Analisa terhadap kompetitor (pesaing usaha)
6. Membuat Feed back bagi produksi (tentang kekurangan dan kelebihan produk yang dibuat dan dipasarkan)
7. sebagai acuan / pertimbangan untuk peningkatan produksi pada periode selanjutnya

    1,7 pendekatan dalam mempelajari pemasaran

Pendekatan Fungsional
Pendekatan fungsional lebih menitikberatkan pada beberapa kegiatan untuk mendapatkan produk pertanian dari produsen ke konsumen.
Kegiatan-kegiatan tersebut diklasifikasikan menjadi pertukaran, fisik dan fasilitas.
Fungsi Pertukaran
Mengambil tempat di seluruh jalur pasar dan termasuk penawaran pembeli untuk pasokan komoditas dan penjual yang menawarkan komoditas dengan harga terbaik menurut mereka.
Fungsi pembelian juga termasuk mencari pasokan komoditas dan perakitan mereka untuk pengiriman.
Fungsi penjualan dapat bervariasi, tergantung pada apa tahap jalur pasar produk tersebut masuk itu melibatkan kemasan, label, iklan, promosi dan semua kegiatan merchandise lainnya.
Fungsi Fisik
Kegunaan bentuk, yaitu seluruh kegiatan/proses yang bertujuan untuk merubah suatu komoditas pertanian untuk dapat dimanfaatkan.
Kegunaan waktu, yaitu kegiatan menyimpan suatu komoditas pertanian diantara pasca panen/produksi dengan pendistribusian.
Kegunaan tempat, yaitu komoditas pertanian yang memiliki nilai setelah sampai ke tangan konsumen.
Fungsi Fasilitas
Dimana penjual akan memberikan komoditas yang diinginkan oleh pembeli dan harus ada yang diberikan oleh pembeli kepada penjual yaitu uang.
Pedagang Perantara
Pedagang pengecer membeli produk untuk dijual kembali kepada konsumen


                                                                
                                                             KESIMPULAN

pada pembahasan ini penulis dapat menjelaskan secara rinci bahwa pasar adalah tempat semua orang untuk melakukan jual beli dan bisa di lakukan suatu tawar menawar. pasar juga mempunyai banyak macam pasar tradisional dan pasar modern. melainkan dengan pemasaran dapat di jelaskan secara rinci yaitu suatu proses sosial dan manajerial di mana masing-masing individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, pemasaran juga sering di lihat di berbagai tempat contohnya melalui iklan dan juga melalui brosur dan pamflet. pasar dan pemasaran juga sangat berkesinambungan dan juga sangat penting anata pembeli dan penjual untuk melakukan suatu transaksi dalam melakukan belanja. dan melakukan suatu pemasaran yang sangat baik agar memperoleh hasil yang maksimal. 




SUMBER REFERENSI 
 


 

Komentar

Postingan Populer